Kriteria Guru Profesional


Tangan-Tangan | Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang gampang, seperti yang dibayangkan sebagian orang, dengan bermodal penguasaan materi dan menyampaikannya kepada siswa sudah cukup, hal ini belumlah dapat dikategori sebagai guru yang memiliki pekerjaan profesional, karena guru yang profesional, mereka harus memiliki berbagai keterampilan, kemampuan khusus, mencintai pekerjaannya, menjaga kode etik guru, dan lain sebagainya.

Adapun karakteristik profesional minimum guru, berdasarkan sintesis temuan-temuan penelitian yaitu:

  1. mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
  2. menguasai secara mendalam bahan belajar atau mata pelajaran serta cara pembelajarannya.
  3. bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai cara evaluasi.
  4. mampu berfikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya, dan
  5. menjadi partisipan aktif masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya.
Adapun karakteristik guru disiplin sebagai berikut:
  1. Datang pagi awal masuk sekolah tepat waktu.
  2. Disiplin masuk mengajar.
  3. Mengakhiri pembelajaran tepat waktu.
  4. Hadir di sekolah 15 menit sebelum pelajaran dimulai dan pulang setelah jam pelajaran selesai.
  5. Menandatangani daftar hadir.
  6. Hadir dan meninggalkan kelas tepat waktu.
  7. Tidak meninggalkan sekolah tanpa seizin Kepala sekolah.
  8. Mencatat kehadiaran siswa setiap hari.
  9. Pelaksanaan tugas (kegiatan)
  10. Mengatur siswa yang akan masuk kelas dengan berbaris secara teratur.
  11. Melaksanakan semua tugasnya secara tertib dan teratur.
  12. Membuat program catur wulan.
  13. Membuat persiapan mengajar sebelum mengajar.
  14. Mengikuti upacara, peringatan hari besar agama/nasional dan acara lainnya yang diselenggarakan oleh sekolah.
  15. Memeriksa setiap pekerjaan atau latihan siswa serta mengembalikan kepada siswa.
  16. Menyelesaikan administrasi kelas secara baik dan teratur.
  17. Tidak mengajar di sekolah lain tanpa seizin tertulis dari pejabat yang berwenang.
  18. Melaksanakan ulangan harian minimal 3 kali dalam satu catur wulan dan ulangan umum setiap akhir catur wulan.
  19. Tidak merokok selama berada di lingkungan sekolah.
  20. Mengisi buku batas pelajaran setiap selesai mengajar.
  21. Mengisi buku agenda guru.
  22. Berpakaian olahraga selama memberikan pelajaran praktek olahraga Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
  23. Mempersiapkan dan memeriksa alat yang akan dipergunakan dalam pelajaran/praktek Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta mengembalikan pada tempat semula.
  24. Mengawasi siswa selama jam istirahat.
  25. Mengikuti senam yang dilaksanakan bersama-sama siswa di sekolahnya.
  26. Berpakaian rapi dan pantas sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  27. Melaksanakan 5 K (KETELADANAN, KETERTIBAN, KEBERSIHAN, KEINDAHAN, dan KESEHATAN) 
  28. Program Tindak Lanjut
  29. Memeriksa kebersihan anak secara berkala.
  30. Membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dan memberikan program pengayaan kepada yang mempunyai kecakapan lebih.
  31. Mengatur pemindahan tempat duduk siswa secara berkala (Dirjen Dikdasmen, 1996: 27-29).
  • Adapun karakteristik guru favorit sebagai berikut :
  1. Guru yang sabar. Salah satu karakter guru yang disukai siswa adalah seorang guru yang sabar.
  2. Guru Yang humoris. Guru idaman yang kedua adalah seorang guru yang humoris. 
  3. Guru yang tidak menghakimi.
  4. Guru yang mengajar dengan kreatif.
  5. Guru yang dekat dengan semua siswa.
  6. Guru yang memberikan bimbingan pembelajaran sesuai dengan dunia peserta didik. (Dirjen Dikdasmen, 1996: 27-29).
Adapun karakteristik guru terbaik sebagai berikut:
  1. Mampu Menjelaskan Materi dengan tidak membosankan.
  2. Mengenali Siswa dengan baik.
  3. Tidak Membandingkan Siswa.
  4. Mampu Memposisikan Diri dalam Berbagai Situasi.
  5. Bisa Menjadi Tempat Bercerita.
  6. Selalu berusaha menjadi pendidik di luar dan dalam sekolah.
  7. Kompeten dalam bidangnya.
  8. Memiliki tujuan pengajaran.
  9. Mampu mengontrol ruangan belajar.
  10. Mampu memotivasi.
  11. Mampu berkomunikasi dengan baik. 
  12. Kemampuan mendengar yang sangat baik.
  13. Memiliki pengetahuan mendalam.
  14. Mampu terhubung dengan siswa. (Dirjen Dikdasmen, 1996: 27-29).
Lebih baru Lebih lama