SMPN 1 Tangan-Tangan Gelar Pelatihan Asesmen Awal di Awal Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024-2025

 

Tangan-Tangan, 30 Juli 2024 — SMP Negeri 1 Tangan-Tangan mengadakan Pelatihan Asesmen Awal dalam rangka mengawali semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memahami kemampuan awal siswa sebelum memulai pembelajaran.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru dan staf pengajar SMPN 1 Tangan-Tangan. Para peserta mendapatkan materi mengenai teknik dan metode asesmen awal yang efektif, serta cara menganalisis hasil asesmen untuk perencanaan pembelajaran yang lebih baik. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber guru yang aktif mengajar di SMP Negeri 1 Tangan-Tangan dan aktif di kegiatan bidang pendidikan yang memberikan wawasan baru tentang pentingnya asesmen awal dalam proses belajar mengajar yaitu Hasanul Amri dan Faisal Asdani Harahap.

Kepala SMPN 1 Tangan-Tangan, Ibu Herawati, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk memahami kebutuhan belajar siswa secara individu. "Dengan asesmen awal, kami dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa sejak awal. Hal ini sangat penting agar proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal," ujarnya.

Salah satu guru peserta pelatihan, Ibu Eva Yulianti, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru. Kami jadi lebih paham bagaimana melakukan asesmen awal dengan benar dan bagaimana memanfaatkannya untuk mendesain pembelajaran yang lebih efektif," katanya.

Kegiatan pelatihan ini langsung dibuka oleh pengawas sekolah binaan Darmanizar SPd, dalam arahannya dia menyampaikan "Seorang guru memang sudah seharusnya memiliki pengetahuan tentang keadaan siswa sebelum ia memulai pembelajaran, dengan diadakannya pelatihan ini sangat saya apresiasi semoga dapat diterapkan dengan baik di dalam kelas" ungkapnya.

Pelatihan asesmen awal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran di SMPN 1 Tangan-Tangan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan awal siswa, para guru dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan mendukung perkembangan akademik siswa secara maksimal.







Lebih baru Lebih lama